Tanaman Dinding (Vertical Garden)



Tanaman Dinding di Dalam Rumah, Bermanfaatkah?

Dinding adalah media untuk membatasi bagian dalam dengan luar ruangan dan juga sebagai sekat pembatas antar ruangan. Dinding juga dapat mempengaruhi tampilan rumah. Kita dapat mempercantik tampilan rumah dengan memberi hiasan pada bagian dinding. Memberi hiasan dinding dengan memasang foto, atau hiasan serta ornamen lainnya mungkin sudah biasa. Lain halnya dengan ide yang satu ini yaitu membuat dinding seolah hidup dengan memberi tanaman sungguhan. Jika biasanya tanaman hanya diletakkan dalam pot saja, kali ini yang kita bahas adalah tanaman dengan media dinding sebagai tempat penataannya. Dimana tanaman yang ditanam adalah tanaman merambat atau yang dapat menempel di dinding. Tanaman dinding juga dikenal dengan istilah vertical garden.
Selain unik, tanaman dinding juga memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:
1.     Membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan
Udara tercemar yang ada didalam maupun diluar ruangan dapat diserap oleh tanaman, khususnya tanaman hijau. Tanaman hijau sendiri dikenal dapat menyerap racun-racun yang terdapat di udara. Dengan begitu, maka adanya tanaman dinding dalam ruangan dapat membantu meningkatkan kualitas udara yang ada didalam ruangan tersebut.
2.    Membantu menghemat energi
Dengan adanya tanaman di dalam ruangan, maka suhu udara akan terasa lebih sejuk. Hal ini berarti dapat membantu mengurangi penggunaan AC maupun kipas angin yang akan menghabiskan energi berlebih.


Artikel terkait:

3.    Baik untuk kesehatan
Adanya tanaman dinding akan membawa kenyamanan serta dapat membantu mengurangi stress bagi penghuninya. Seperti dijelaskan sebelumnya, tanaman dinding juga dapat menyerap racun-racun di udara, sehingga kualitas udara dalam ruangan tetap terjaga. Adanya tanaman dinding juga akan menawarkan oksigen berlimpah. Oksigen atau udara dengan kualitas yang baik tentu sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan.
4.   Membantu melindungi dinding rumah
Tanaman dinding yang ada diluar ruangan akan memberikan perlindungan bagi bangunan dengan berperan sebagai pengontrol iklim. Adanya tanaman atau kebun tersebut akan mencegah terjadinya fluktuasi suhu yang ekstrim, yang akhirnya akan mencegah terjadinya korosi pada bangunan.

Demikian beberapa manfaat tanaman dinding, khususnya yang ada di dalam ruangan. Semoga dapat menginspirasi Anda untuk menciptakan suasana baru dalam ruangan rumah Anda.

Baca Juga:
*Semoga bermanfaat & Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

PARTISI ATAU PEMBATAS RUANGAN

Membuat Balkon menjadi tempat yang nyaman

Macam-macam Jenis Blinds