PARTISI ATAU PEMBATAS RUANGAN



Ragam Bahan untuk Partisi atau Pembatas Ruangan
     
     Dalam sebuah rumah pasti memilki pembatas atau penyekat ruangan. Hal ini tak bisa kita hindari mengingat kita pasti membutuhkan ruangan khusus atau ruang privasi untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari. Pembatas atau penyekat ruangan sendiri, bisa terbuat  dari bangunan permanen maupun partisi. Selain sebagai pemisah ruangan, partisi juga dapat memperindah atau mempercantik ruangan.
     Bahan dasar atau material pembuat partisi untuk saat ini cukup beragam. Berikut beberapa bahan dasar atau material partisi:
1.     Kayu

    Seperti yang kita ketahui kayu merupakan bahan serbaguna, termasuk dapat digunakan untuk membuat pemisah atau penyekat ruangan. Kayu yang digunakan untuk membuat penyekat ruangan biasanya berupa kayu olahan. Partisi yang terbuat dari kayu akan memberikan kesan alami dan hangat pada ruangan. Penggunaan kayu sebagai bahan dasar partisi juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya.
2.    Kaca

Selain digunakan untuk membuat jendela. Kaca juga dapat digunakan untuk membuat penyekat atau pembatas ruangan. Penggunaan kaca sebagai penyekat ruangan akan memberikan kesan menyatu dan mencair. Sedangkan penggunaan cermin biasanya digunakan untuk memberikan kesan terlihat lebih luas.
3.    Tirai kain

Tirai yang biasanya kita gunakan sebagai penutup jendela ternyata bisa digunakan sebagai pembatas ruangan. Hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih tirai sebagai pembatas ruangan adalah kesesuaian antara warna serta motif dengan konsep interior ruangan. Penggunaan tirai tidak harus menutup seluruh ruang. Penggunaan tirai disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya hanya untuk menutup sebagian ruangan saja.

Artikel Terkait:
4.   Bambu

Seperti halnya kayu, bambu juga merupakan bahan multifungsi. Penggunaan bambu sebagai penyekat ruangan dapat dibuat sekreatif mungkin serta dapat diberi warna sesuai dengan kebutuhan.
5.    Gypsum

Pembatas ruangan juga dapat dibuat dari gypsum. Pembatas ruangan atau partisi dari gypsum memilki banyak kelebihan diantaranya sifat gypsum yang tahan api, ringan, harga terjangkau, serta perawatan yang mudah.
6.   Fiber

Fiber hampir mirip dengan kaca. Bedanya terletak pada tampilannya, tampilan fiber lebih halus dan buram jika dibandingkan dengan kaca.
7.    Aluminium

Partisi juga dapat dibuat dari aluminium. Partisi yang terbuat dari aluminium biasanya dikombinasikan dengan bahan lain, misalnya kaca.
8.   Rotan

Rotan memang dikenal dapat digunakan untuk membuat beragam karya, termasuk dapat digunakan untuk membuat pembatas ruangan. Pembatas ruangan dari rotan dapat dibuat dengan cara dianyam.

Itulah beberapa macam bahan dasar untuk partisi atau pembatas ruangan.
Baca Juga:
*semoga bermanfaat & terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Balkon menjadi tempat yang nyaman

Macam-macam Jenis Blinds