Tips Agar Rumah Terasa Sejuk



Tips Agar Rumah Terasa Sejuk
     Memiliki rumah yang  sejuk adalah idaman setiap orang. Rumah yang sejuk tentu akan membuat penghuninya merasa nyaman. Khususnya untuk daerah tropis yang memang dikenal dengan cuacanya yang panas. Agar rumah terasa sejuk ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Kita bisa menggunakan kipas angin, juga bisa menggunakan AC atau pendingin ruangan. Selain cara tersebut ada juga cara lain yang lebih alami untuk membuat rumah terasa sejuk. Berikut beberapa tips agar rumah terasa sejuk:
 
1.  Kolam Tanaman di dalam Rumah



Tips ini bisa kita terapkan apabila kita memiliki rumah dengan ruang terbuka yang luas. Adanya kolam tanaman dapat menurunkan suhu udara. Selain itu, juga bisa menciptakan perasaan tenang. Kolam ini bisa kita isi dengan ikan warna-warni yang akan mempercantik tampilan kolam.

2.  Langit-langit Rumah Tinggi Dengan Atap dari Material Anti Panas


Rumah dengan langit-langit yang tinggi akan memberikan kesan luas dan lega. Sehingga tidak terkesan sempit, yang menyebabkan sesak. Selain itu jenis material atap juga harus diperhatikan. Usahakan jangan menggunakan atap yang terbuat dari bahan bersifat konduktor panas, seperti seng. Penggunaan bahan tersebut akan menyerap panas matahari, sehingga menyebabkan udara dibagian bawah atap juga ikut panas.

3.  Membuat Lubang Angin di Atap


Adanya lubang angin diatap berfungsi untuk mengalirkan udara yang ada disekitar loteng. Sehingga udara yang ada dibawah atap tidak panas.

4.  Memaksimalkan Ventilasi



Seperti yang kita ketahui tujuan dibuat ventilasi adalah supaya udara yang ada di dalam ruangan dapat berganti. Ventilasi sebagai tempat sirkulasi udara alami tentu akan membuat rumah menjadi sejuk. Hal ini tentu lebih baik jika dibandingkan dengan kesejukan dari udara AC.

5.  Meminimalkan Masuknya Sinar Matahari Siang


Sinar matahari merupakan salah satu penyebab ruangan terasa panas. Sehingga jika ingin rumah terasa sejuk kita harus meminimalkan sinar matahari yang masuk. Sinar matahari yang dimaksud disini adalah sinar matahari siang yang juga tidak baik untuk kesehatan. Meminimalkan sinar matahari yang masuk bukan berarti kita harus menutup seluruh ruangan. Karena sinar matahari juga dibutuhkan untuk pencahayaan agar ruangan tidak gelap dan pengap.

Itulah beberapa tips agar rumah terasa sejuk. Semoga bermanfaat.
Artikel terkait:

     *Salam hangat & Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

PARTISI ATAU PEMBATAS RUANGAN

Membuat Balkon menjadi tempat yang nyaman

Macam-macam Jenis Blinds