Macam-macam Jenis Blinds



INI DIA JENIS-JENIS BLINDS UNTUK PENUTUP JENDELA
Blinds atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kerai adalah salah salah satu jenis penutup jendela yang memilki fungsi hampir sama dengan tirai atau gordwn. Bahan yang digunakan biasanya yaitu vinil, alumunium plastik, bambu, hingga kayu. Beberapa jenis kain juga bisa dijadikan blinds. Blinds sendiri memilki beberapa jenis.
Berikut beberapa jenis blinds serta penjelasannya:

1.     Roller Blinds


     Blinds jenis ini dikenal juga dengan kerai gulung. Apabila ditarik maka kerai ini akan menggulung keatas. Kerai ini terbuat dari beberapa jenis bahan seperti katun dan kain terpal.

2.     Horizontal Blinds


      Blinds jenis ini terbuat dari sirip-sirip atau bilah-bilah yang disusun berjajar memanjang. Untuk mengatur banyaknya sinar matahari sekaligus mengarahkan cahaya alami ke dalam ruang, kita tinggal mengatur bukaan siripnya. Kerai ini sangat cocok untuk jendela yang kurus dan tinggi. Bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan kerai ini adalah kayu dan aluminium

3.     Austrian Blinds


     Kerai ini terbuat dari kain ringan ini, kerai ini dilengkapi dengan tali pada bagian belakangnya. Fungsinya tali ini yaitu untuk membagi tirai menjadi beberapa bagian. Jika tirai dibuka (diangkat), tali akan menimbulkan kerutan dan membentuk efek seperti balon pada bagian bawah tirai. Anda dapat pula menambahkan pita atau rumbai sebagai aksesori.

4.     Cane atau Bamboo Slat Blinds


    Kerai ini terbuat dari rotan atau bambu dengan sirip yang umumnya disusun secara horizontal. Penggunaan kerai ini akan memberikan sentuhan natural dan hangat pada ruangan.

5.     Pinoleum Blinds


      Kerai ini terbuat dari batang-batang kayu yang sangat kecil yang ditenun bersama katun. Benang katun dan kayu ini sengaja ditenun tidak rapat sehingga menghasilkan tirai tipis yang tembus pandang. Sebagian besar berwarna natural, batang kayu yang dipakai umumnya tidak diberi finishing alias dibiarkan tampil alami.

6.     Pleatex Blinds


      Kerai ini terbuat dari kertas yang cukup keras dan tidak mudah robek. Harga kerai kertas lebih murah daripada roller blinds. Pilihan warnanya pun beragam, misalnya oranye, hijau, dan biru.

7.     Roman Blinds


      Kerai jenis ini apabila ditarik maka akan membentuk lipatan ke atas. Di setiap lipatan terdapat pemberat berupa batang besi atau kayu. Kerai ini biasanya terbuat dari bahan tenun dan belacu. Blinds jenis ini merupakan blinds polos yang cocok untuk interior bergaya modern.

Demikian beberapa jenis-jenis blinds yang dapat digunakan sebagai penutup jendela, selain itu juga dapat mempercantik rumah Anda.

Artikel terkait:

Rekomendasi Pemanfaatan Ruang Kosong Bawah Tangga

Macam-macam Tipe Rumah Berdasarkan Luas Bangunan



*Semoga bermanfaat & terima kasih atas kujungannya.

Comments

Popular posts from this blog

PARTISI ATAU PEMBATAS RUANGAN

Membuat Balkon menjadi tempat yang nyaman